Portal Segala Informasi

7 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Seperti Yang diketahui banyak mobil-mobil bekas yang di jual secara online maupun ofline. Bagi anda yang sudah pengalaman dan mengerti tentang kondisi mesin hal yang mudah untuk mencari mobil bekas dan berkualitas, akan tetapi banyak yang pemula yang baru membeli mobil bekas sangat mengkhawatirkan hal ini. Mereka selalu mencari informasi melalui mulut kemulut dan lewat internet, seperti halnya saya yang belum pernah mempunyai mobil dan berkeinginan beli mobil bekas, maklum mau beli mobil baru budgetnya gak nutut hehehe...Oklah Bro gak perlu panjang lebar bercerita.

                           

Berikut ini tips Mencari mobil bekas yang berkualitas


1. Mobil Bekas Murah Belum Tentu Murahan



Jangan Mudah terpancing dengan iklan mobil murah, kenapa? Karena mobil-mobil yang beredar di iklan tersebut menawarkan harga yang sangat miring akan tetapi hasilnya mengecewakan. Disini anda dituntut lebih cermat lagi untuk mencari data dan informasi yang menyesuaikan dana yang telah ditentukan, Carilah informasi dengan cermat dengan orang kepercayaan anda atau mencari informasi lewat internet. catat dan pelajari untuk memudahkan anda melihat mobil secara langsung sebelum mengambil keputusan membeli mobil bekas, ingat Mobil murah belum tentu tidak berkualitas dan mobil mahal tidak menjamin mempunyai kualitas lebih dari yang murah.


2. Belilah Mobil Dari Orang Pertama Atau Tangan Pertama


Sebisa mungkin carilah mobil orang pertama tersebut. Usahakan jangan membeli mobil di dealer showroom atau makelar, lebih baik anda mencari mobil yang di jual pemiliknya secara langsung.


Keuntungan yang di dapatkan dari orang pertama adalah dari segi pemakaian semisal sejarah mobil, latar belakang mobil, kenapa mobil itu di jual, akan tetapi dari sisi kepercayaan pada pemilik mobil itu sendiri apakah pemilik mobil tersebut jujur atau tidak. biasanya orang yang bisa dipercaya adalah kerabat dekat, teman-teman, keluarga dan tetangga yang sudah dikenal bertahun-tahun, walau pun ini bukan jaminan.

Keuntungan yang lain adalah biasanya harga jualnya lebih murah dari pada beli di dealer showroom atau makelar, karena tidak ada pembagian keuntungan Dan Ini membuat Anda Sedikit Berhemat. lumayan kan!

3. Teliti Kondisi Mobil

Cari informasi mobil selengkap-lengkapnya. Cari info Sebanyak mungkin Dan tanyakan pada penjual Kondisi mobil yang sebenarnya, hal ini Membuat anda lebih Yakin untuk Benar-benar anda membelinya. Misalkan;

kapan terkahir kali diservis?
Pernakah mobil mengalami kecelakaan?
Kenapa mobinya di jual?
Setahun berapa kali diservice?

Cobalah meminta ijin untuk memeriksa body mobil, perhatikan cat mobil apakah masih bagus atau tergores, penyok dan lain sebagainya. perhatikan mulai depan, sampai dan belakang.

Perhatikan juga atap mobil atau bagian atas apa masih bagus atau tidak, cek apa sudah tipis atau tidak kalau masih bagus biasanya kondisi cat tebal.

Perhatikan Ban dan ban serepnya, apakah sudah aus atau tidak, hal ini penting agar anda tidak mengeluarkan uang lagi untuk membeli ban.

Perhatikan bodi mobil barangkali pernah ada yang sudah ganti. cek bagian luar mobil maupun dalam mobil. pastikan apakah pintu satu dan yang lain memiliki perbedaan, pastikan lebar nat antara pintu dan kusen sama lebar sekeliling pintu, ini penting apabila pintu tersebut memilki perbedaan kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami tabrakan, Cek secara detail.

4. Periksa Bagian Bawah Mobil


Periksa bagian bawah mobil untuk menemukan apakah mobil itu berkarat atau pernah di las, kalau ini terjadi anda harus mewaspadai bisa saja mobil ini pernah rusak parah atau berbenturan Dengan benda keras.



5. Cek kondisi Mesin Mobil



Inilah langkah yang paling sulit dan terpenting adalah mengecek kondisi mesin, nah jika anda masih belum paham tentang otomotif Atau Dunia Permesinan cobalah anda membawa teman atau orang yang mengerti otomotif untuk mengecek kondisi mesin mobil.


Jika anda ingin melakukan sendiri, coba periksa bagian kap mesin seperti selang-selang yang mungkin terjadi rembesan pastikan tidak ada kebocoran dan korosi.

Buka tutup oli mesin coba anda cek apakah terdapat bekas buih yang menandakan kebocoran.

Cek alat pengukur oli periksa warna oli apakah masih merah atau merah jambu, pastikan kondisi oli masih penuh, hal ini menandakan kondisi mobil yang masih baik.

Untuk mengetahui kondisi mesin juga di butuhkan kemampuan tehnikal yang jarang orang bisa memahami, misalnya pada mobil habis kena banjir biasanya mesin mobil tersebut suaranya kasar dari mobil normal, jadi jika anda masih ragu lebih baik untuk membawa orang yang mengerti otomotif untuk pengecekan mesin untuk meyakinkan anda pada mobil yang anda pilih.

6. Periksa Bagian dalam Mobil

Periksa jok dan sarungnya, nyalakan AC apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.
Periksa odometer kondisi mobil yang masih baik biasanya memiliki jarak tempuh yang normal tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Rata-rata pengemudi menempuh dengan jarak normal adalah 16.000 Km - 24.000 Km/tahun.
jika mobil dalam pemakaian 5 tahun pemakaian odometer normal sekitar 80.000 km - 120.000 km. anda hitung sendiri kisaran di angka segitu bisa anda prediksi sendiri.

Cek kondisi Perlengkapan mobil seperti TV, Radio, CD Kamera Parkir atau sensor parkir (jika ada)

Periksa Karpet kaki kemungkinan lembab atau basah yang menyebabkan lubang pada bagian bawah mobil.

Periksa Pedal Kaki yang kemungkinan Odometer bisa diakali oleh si penjual, jika hal ini terjadi anda bisa melihat pedal jika karetnya aus, kemungkinan tanda pemakaian pada kursi dan stir mobil seiring dengan umur pemakaian mobil, cermatlah dalam hal ini.

Lakukan test Drive untuk memilih mobil bekas yang bagus cobalah anda lakukan test drive untuk memeriksa kenyamanan mobil dan rem yang menjadi komponen sangat penting pada mobil. cek kondisi mobil pada saat dikenderai terutama rem, apakah rem berbunyi cit pada saat pengereman, jika berbunyi sebaiknya urungkan niat anda untuk membeli mobil tersebut, jika anda berkenan anda bisa menawar untuk menurunkan harga mobilnya lagi untuk servis rem.

Cek pekakas mobil apa masih ada apa tidak seperti dongkrak, ban serep, obeng, kunci serep dan lainnya. pekakas ini sangat berguna jika anda mengalami mogok di tengah jalan.


7. Periksa Surat Kendaraan Dan Dokumen lain

Hal yang anda lakukan adalah memeriksa Buku Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Hati hati dengan maraknya penipuan dokumen palsu.

Periksa keaslian cap dan tanda tangan pengesahan BPKB dan STNK tersebut. Kemudian periksa NOMOR RANGKA dan NOMOR MESIN yang terletak di dalam kap mesin, pastikan nomor tersebut sesui dengan BPKB dan STNK.

Lakukanlah pembayaran dengan melengkapi diri dengan dokumen jual beli yang lengkap menggunakan matrei, mintalah foto kopi KTP penjual mobil sebagai arsip anda.

Mungkin Itu dulu yang bisa saya sampaikan
semoga Informasi mengenai tips membeli mobil bekas dapat memberikan referensi untuk pengetahuan anda dalam mencari mobil bekas yang berkualitas, Sekian Dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment