Kekurangan Dan Kelebihan Suzuki Karimun Kotak dan karimun estilo - Laros Pos

Portal Segala Informasi

Wednesday, May 17, 2017

Kekurangan Dan Kelebihan Suzuki Karimun Kotak dan karimun estilo

Pada akhir tahun 90'an mobil city car tidak seramai sekarang, Dulu masa awal 2000an mobil yang berbasis city car kurang diminati oleh pengguna mobil di indonesia, hal ini karena produksi mobil kecil atau city car sangatlah rendah. pada tahun 1997-1998 yang pada waktu itu sedang adanya krisis moneter di indonesia pabrikan jepang mengenalkan mobil Suzuki karimun atau yang dikenal sekarang dengan istilah karimun kotak.

Suzuki mengenalkan mobil karimun kotak pada konsumen di indonesia karena ada prosfek yang bagus.
mobil ini terlihat lincah, irit, murah dan sangat cocok bagi keluarga kecil. pada dasarnya karimun hanya ada satu varian saja yaitu karimun kotak, kenapa dinamakan kotak, karena bentuk mobilnya yang kotak, simpel kan orang indonesia memberi nama. Pada saat itu pesaing dari karimun ini adalah adalah pabrikan dari korea seperti, Hyuandai atoz dan kia visto, akan tetapi mobil pabrikan itu kalah bersaing dengan karimun yang lebih kompetitif dikelasnya.

Mengenal Eksterior Karimun Kotak

Dinegara asalnya jepang, mobil ini sangatlah laku, karena orang jepang sendiri lebih menyukai mobil yang simpel, kecil dan cc-nya tidak terlalu besar. berbeda jika diindonesia yang lebih menyukai mobil bertenaga besar, bagasi yang luas dan tampilan sedikit modern.


Karimun kotak tampak Dari depan
Pada sisi tengah samping terlihat garis tengah yang memanjang hingga kebelakang. kaca yang berukuran sangat lebar yang membantu anda dari segi kenyaman dalam hal penglihatan, misalnya anda yang sangat senang dengan pemandangan sekitar pada saat mobil berjalan.


Karimun kotak Tampak dari samping

Disinilah bagian yang kurang bagus atau boleh dikatakan jelek. jika anda lihat bagian belakang adalah bagian yang kurang enak dipandang, mungkin niatnya inovatif dalam hal membuat akan tetapi terkesan tidak enak untuk di lihat.

Tampak dari belakang

Interior Suzuki Karimun kotak

Kalau dilihat dari eksterior mobil karimun clasic ini boleh dibilang tidak bagus-bagus amat, akan tetapi dilihat dari segi interior mobil ini sangat luas dan terlihat lega. karena body berbentuk kontak otomatis menciptakan ruangan yang besar dalam kabin. bentuk kabin yang luas inilah yang sangat cocok untuk keluarga kecil yang meciptakan suasana plong di dalam mobil.


Tampak bagian interior

Performa Mesin Karimun Kotak atau clasic

Mesin yang berkapasitas 1,0 liter atau 1000cc dan masih menggunakan karburator pada saat itu injeksi masih belum booming seperti saat ini dengan mesin 4 silinder 8 katup SOHC. mesin ini adalah mesin yang digunakan Suzuki Carry dan Suzuki Jimny yang hanya mampu memproduksi 54 HP Pada putaran 5.500 RPM dan torsi puncak 100 Nm pada putaran 4.000 RPM. tenaga dan torsi yang dihasilkan ditransfer melalui roda penggerak dengan bantuan 5 percepatan. mesin ini sendiri telah di tuning oleh suzuki sehingga tenaganya menjadi lebih besar sekitar 10 HP dari jimny dan carry 1.0 yang sebatas 46 Hp saja.

Spesifikasi suzuki Karimun Kotak 

Tenaga: 54 Hp @ 5.500 Rpm
Torsi:100 Nm  4.000 rPM
Mesin: F10A, 1.0 liter @ silinder segaris katup SOHC
konsumsi BBM: 8-12 KM dalam kota / 14-19 KM luar kota. dalam keadaan normal. misalnya pengemudi tidak kebut-kebutan dan mesin dalam keadaaan baik.
Transmisi: 5 percepatan
Tahun penjualan: 1999-2016. Tipe Clasic mulai tahun 1999-2001. tipe Dx tahun 2002-2005 sedangkan yang terakhir tipe GX mulai dari 2002 sampai 2006.

Kekurangan Suzuki karimun kotak

-Tenaga mesin tidak terlalu besar
-Mobil berbentuk kotak dan sedikit aneh
-Mesin masih kompresor
-Bodyroll saat hendak menikung tajam

Kelebihan Suzuki Karimun Kotak

-Perawatan mudah dan murah
-Body kecil memungkinkan parkir mobil tidak memakan tempat
-kabin super luas dan nyaman
-Mobil Stabil pada saat kecepatan tinggi.

Diatas adalah kelebihan dan kekurangan karimun kotak. mari kita bandingkan generasi penerusnya yaitu karimu estilo.

Karimun estilo hadir pada tahun 2007, dimana pada saat itu karimun kotak sudah tidak diproduksi lagi, digantikan dengan larimun estilo. sebagai generasi penerus karimun kotak, estilo membawa desain yang lebih modern dan canggih dengan dengan mengadopsi mesin berteknologi injeksi. pada 2013 karimun estilo di hentikan produksinya dan digantikan suzuki karimun Wagon R Atau Baca Spesifikasi Wagon R yang tampilannya mengadopsi karimun kotak.

Eksterior Suzuki Karimun estilo

Karimun estilo dengan desain yang lebih menarik dari pada karimun kotak. desain baru karimun estilo sangat jauh berbeda dengan kakaknya yaitu karimun kotak. akan tetapi bodi depannya yang mencolok lebih menyerupai mobil kancil.

Ada yang bilang mobil ini mengadopsi dari suzuki karimun di india karena di negara tersebut sangat laku. kepastian ini masih belum benar kejelasannya. Pada 2010 Suzuki melakukan Facelift pada karimun estilo, namun tidak ada perubahan yang mencolok. sedikit merubah model bomper agar lebih sporty Dan ditambahkan electrik mirror untuk mengatur kaca spion dari dalam mobil.

Tampilan Depan Karimun estilo

Dari sisi samping hampir tidak ada perubahan yang drastis pada model fecelift, hanya sedikit mengurangi palang kaca samping yang awalnya 5 menjadi 4.

Tampak estilo dari samping


Dari belakang juga tidak ada perubahan yang mencolok, sebelum facelift sisi belakang terlihat polos dan sekarang yang facelift memiliki wiper untuk membantu pengemudi pada saat turun hujan dan suhu dingin pada saat pagi hari.

Tampak belakang Suzuki estilo sebelum facelift

Dari segi interior karimun estilo memberi kesan modern dari pada kakaknya karimun kotak. desain dhasbord yang sangat elegan dan tata letak tombol-tombol yang lebih modern membuat nyaman pengemudinya.

Tampak interior karimun estilo


Kinerja Mesin Suzuki estilo

Pada mulanya Karimun estilo dibekali mesin f10D 4 silinder 16 katup dengan kapasitas 1.1 liter atau 1.100 cc. namun setelah facelift Suzuki menggantikan mesin baru yaitu mesin K10B yang lebih kecil yang mengandalkan 3 silinder namun sudah injeksi. walaupun hanya 3 silinder mesinnya tetap halus.

Karimun estilo desain yang lebih panjang dari pada karimun kotak masih kalah nyaman dari pendahulunya yakni karimun kotak, kabin yang sempit kurang begitu diminati dipasar indonesia. disaat melewati tingkungan tajam dengan kecepatan yang agak tinggi handllingnya sangat buruk. 

Spesifikasi karimun estilo

- tenaga: 63 hp @6.200 RPM(1.1) ; 67 HP@6.200 RPM (1.0)
-Mesin F10 1.1 liter SOHC: K108 1,0 DOCH, 4 silinder segaris katup 16
-Konsumsi BBM: 11-16 KM/liter dalam kota, 18-26 KM/Liter untuk luar kota
-Tahun penjualan: 2007-2009 dan 2010-2013  (facelift)

Kekurangan karimun Estilo

-Kabin sempit lebih lebar dari karimun kotak
-Mesin 3 silinder otomatis lebih kasar
-Peredam kabin kurang baik
-Terasa limbung jika mau belok dengan kecepatan tinggi (Baca Penyebab Limbung pada Mobil)

Kelebihan Karimun estilo

-lebih irit karena menggunakan mesin 3 silinder
-sudah injeksi
-lebih irit dari pada karimun kotak
-gesit dan lincah digunakan dalam kondisi macet

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan mobil karimun kotak/clasic dengan karimun estilo. intinya mobil ini sangat cocok untuk anda yang memiliki keluarga kecil, selain irit mobil ini sangat tepat pada kondisi jalan mengalami kemacetan terutama kota-kota besar, seperti jakarta dan surabaya. semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment