Bahaya! Nyalakan AC Mobil Pada Kondisi Panas - Laros Pos

Portal Segala Informasi

Sunday, July 30, 2017

Bahaya! Nyalakan AC Mobil Pada Kondisi Panas

Ilustrasi AC Mobil
Pada kondisi tertentu menyalakan AC mobil memang sangat baik untuk mendinginkan suhu udara yang sedang panas. Ditambah lagi banyak penumpang yang ada di dalam mobil yang membikin suhu udara di dalamnya tambah panas dan gerah. Hal yang sering terjadi adalah kita sedang memarkirkan mobil ditempat yang terkena terik matahari secara langsung, dan yang terjadi adalah mobil terasa panas seperi oven. Hal inilah yang biasa dilakukan pada saat mobil dalam keadaan panas dan AC langsung dinyalakan. 

Perlu diketahui Udara dari semprotan AC yang bercampur dengan udara dalam mobil yang 'pengap' dapat menimbulkan udara yang menyebabkan kanker jika di hirup.

Alangkah baiknya, sebelum naik mobil dalam kondisi mobil sedang panas kaca mobil dan pintu di buka terlebih dahulu, lalu nyalakan AC beberapa menit, setelah itu jendelanya ditutup setelah beberapa menit.

Baru-baru ini terdapat penelitian, bahwa radiasi sinar matahari yang menyebabkan reaksi kimia antara matrial plastik seperti pengharum ruangan, dan bahan lainnya yang ada didalam kabin dengan udara panas menghasilkan zat berbahaya yaitu zat Benzena, adalah racun penyebab kanker (Karsinogen)

Zat ini sangatlah berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Tingkat Benzena yang tidak berbahaya pada manusia adalah sebesar 50 mg/ft2. Jika sebuah mobil yang terparkir dalam ruangan dengan kondisi jendela tertutup akan menghasilkan 400-800 mg benzene. biasanya posisi mobil yang di parkir dibawah terik matahari secara langsung, Zat benzena mencapai 2000-4000 mg, 40 kali lebih tinggi dari standart normalnya bagi manusia.

Banyak para pengendara yang mengeluh karena pada saat mobil panas dan langsung nyalakan AC tanpa jendela dibuka sedikitpun mengalami pusing, ngantuk, lemas dan mual setelah menghidupkan AC. Inilah penyebab kecelakaan dijalan yang jarang orang ketahui.

Baca juga:


Usahakan sebelum menyakalan AC Mobil jendela dibuka terlebih dahulu, agar Zat yang berbahaya di dalamnya keluar. buka beberapa menit sekiranya udara yang ada di dalamnya agak sejuk. jika ingin tidak terlalu repot, carilah parkir yang tidak terkena matahari langsung, selain itu manfaat lain dari mencari parkir ditempat teduh adalah Cat mobil lebih tahan lama, dan dapat menghindari dari zat benzena yang sangat berbahaya tersebut.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, lebih baik terlambat dari pada tidak melakukan sama sekali. Sekian Semoga bermanfaat. Sumber

No comments:

Post a Comment