Kumpulan Informasi tentang Seputar Otomotif

Thursday, August 3, 2017

7 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Agar tetap Awet


Kita ketahui Merawat dan menjaga mobil adalah suatu keharusan bagi pemilik mobil agar tetap baik dan awet. Apalagi pada saat musim penghujan tiba. Inilah faktor penyebab mobil cepat rusak. Air hujan yang mengandung garam dapat merusak permukaan cat mobil, Nah apabila air hujan tersebut di diamkan terlalu lama dapat menimbulkan permukaan mobil berkarat.

Pada saat musim hujan pemilik kendaraan harus lebih ekstra dalam merawat mobil, mengingat musim hujan merupakan musim dimana mobil lebih cepat rusak. air  hujan yang mengandung garam memang sagat berbahaya untuk permukaan cat mobil, nah jika di diamkan terlalu lama dapat membuat permukaan cat bagian luar menjadi berkarat dan body mobil juga cepat kotor.
Berikut adalah tips atau cara merawat mobil pada saat hujan agar mobil tetap awet.

1. Pada saat terkena guyuran hujan, jangan sampai tunggu kering air hujannya. jika hal itu dilakukan maka dapat merusak lapisan cat mobil anda. segera cuci mobil dengan spon halus dan sabun busa pada saat pencucian mobil. ini adalah bagian penting dalam perawatan mobil.

2. Cek bagian saringan, saluran tangki bahan bakar pastikan tidak ada kebocoran atau lubang yang menjadi jalan masuknya air, agar bahan bakar tidak tercampur dengan air. indikasi bahan bakar kemasukan air biasanya mesin sulit dihidupan, jika sudah hidup biasanya mesinnya berbunyi brebet.

3. Tambahkan Oli pada bagian engsel pintu secara berkala guna menghindari karat pada engsel tersebut.

4.  Mobil memiliki bagian-bagian karet dan kaca dari beberapa sisinya. nah apabila bagian kaca dan karet akan mudah rusak. Solusinya ialah dengan menyemprotkan Cairan silicon pada bagian tersebut agar mobil tetap awet dan wow.

5.  Tambahkan alas kaki (koran) pada saat musim hujan, karena penumpang yang masuk ke dalam mobil akan sangat rawan dengan alas kaki yang basah yang menyebabkan lantai mobil kotor dan berjamur. jika tidak ditambahkan karpet untuk melapisi alas mobil maka jamur dan bakteri akan tetap tumbuh yang menyebabkan sarang penyakit

6. Semprotkan silicone spray secara berkala pada komponen mobil yang terbuat dari karet dan kaca, hal ini untuk menjaga kelenturan dan memperkuatnnya agar tetap awet.

7. Letakkan mobil digarasi  setelah mencuci mobil dan mengeringkannya. saat musim hujan segera memasukkan mobil ke garasi tertutup. hal ini untuk meghindarkan mobil terkena air hijan yang sewaktu-waktu bisa mengotori kembali mobil anda.

BACA JUGA:

Hujan memang menjadikan berkah, namun terkadang menjadikan kita malapetaka seperti banjir, longsor dan lainnya. Mobil yang anda rawat secara teratur akan membuat mobil anda tetap awet dan tahan lama.

No comments:

Post a Comment