Portal Segala Informasi

Bahaya! Jika Ngisi Air Aki Pada Saat Mesin Panas


bahaya menghirup uap aki
Bahaya menghirup uap aki / ilustrasi
Kita ketahui aki adalah alat untuk menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk kimia. Dan Contohnya akumulator adalah batrei dan kapasitor. Aki merupakan sel yang banyak kita jumpai pada sepeda motor dan mobil. aki termasuk sel sekunder, karena selain mengisi arus listrik, aki juga dapat diisi kembali.

Batrai atau aki terdapat beberapa jenis, yaitu aki kering dan aki basah yang dapat kita isi kembali. Dari perbedaan namanya, maka berbeda pula cara perawataanya. 

Aki kering adalah termasuk yang bebas perawatannya, karena aki tersebut sudah diisi langsung dari pabrik, dan langsung dapat digunakan tanpa mengisi ulang air aki.

Sedangkan aki basah adalah aki yang harus mendapatkan perawatan rutin dan secara berkala, mulai dari kondisi cairan dalam wadah, volume air aki dan pengecasan secara berkala.

Air aki terdiri dari dua macam yaitu air aki berwarna biru untuk menambahkannya, sedangkang air zuur berwarna merah untuk pengisian aki baru/awal.

ARTIKEL LAINNYA:
Posisi yang tepat untuk pengisian air aki adalah pada saat mesin dingin atau di pagi hari, karena pada saat mesin dingin untuk menjaga kesehatan aki itu sendiri. dengan demikian aki anda akan berumur lebih panjang.

Sangat tidak dianjurkan mengisi air aki pada saat mesin sedang panas, karena menambahkan air aki tersebut uapnya dapat terhirup dan membahayakan paru-paru. 

Seperti yang kita ketahui bahwa uap aki sangatlah berbahaya untuk kesehatan paru-paru. maka dari itu pengisian air aki sangat dianjurkan pada saat mesin dingin.

No comments:

Post a Comment