Portal Segala Informasi

Penyebab Airpalne Ear atau Barotrauma Telinga


Airpalne Ear atau Barotrauma Telinga adalah Tekanan yang terjadi pada gendang telinga, Tubaeustacus, dan struktur telinga lainnya ketika tekanan udara di telinga tengah dan di lingkungan berada di luar keseimbangan.

Biasanya ketika anda mengalami Airplane Ear ketika naik pesawat naik dan turun. perubahan ketinggian yang cepat menyebabkan tekanan udara dilingkungan berubah dengan cepat, sementara tekanan udara di telinga tengah tidak menyesuaikannya dengan cukup cepat.

Tanda dan gejala meliputi nyeri pada salah satu telinga, sedikit hilang pendengaran, dan rasa tersumbat pada kedua telinga. Hal ini disebabkan gendang telinga menonjol keluar atau tertarik ke dalam akibat perubahan tekanan.

Airplane ear juga merupakan masalah umum bagi penyelaman skuba (Scuba diving) ketika tekanan air diluar telinga lebih besar di bandingkan tekanan udara di telinga tengah.

Setiap kondisi yang mengganggu fungsi normal telinga tengah dapat meningkatkan resiko airplane ear, seperti hidung tersumbat, alergi pilek, atau infeksi tenggorokan. Akan tetapi infeksi telinga dan pilek tidak selalu menjadi alasan untuk mengubah atau menunda penerbangan.

Tips Mencegah dan mengurangi Airplane air
  • Selama dalam penerbangan, kunyah permen karet. ini mendorong proses menelan, yang membantu membuka tuba eastachius anda.
  • Disarankan jangan tidur jika saat pesawat hendak naik dan turun. jika anda terjaga pada saat pesawat naik dan turun, anda dapat melakukan teknik perawatan sendiri ketika anda merasakan tekanan pada telinga anda.
  • lakukan Manuver valsalva untuk menghilangkan penyumbatan telinga. caranya adalah dengan perlahan meniup, seolah-olah meniup hidung anda, sambil memencet lubang hidung dan tetap menutup mulut. jika anda dapat menelan pada saat waktu yang sama, itu lebih baik lagi. ulangi beberapa kali untuk menyamakan tekanan antara telinga anda dan kabin pesawat.
  • Sumbat telinga pada saat pesawat naik dan turun. sumbat dengan tangan, kapas atau penyumbat telinga di toko Apotek. cara ini agar menyamakan gendang telinga  selama pesawat naik turun.
  • Pada bayi atau anak-anak, berikan makanan atau minuman pada saat pesawat naik dan turun, hal ini untuk mendorong prose menelan. ingat Dekongestan tidak boleh digunakan dengan baik.

Biasanya anda bisa mengatasi sendiri masalah airplane ear dengan cara-cara yang sudah disebutkan diatas, jika anda mengalami atau tanda yang lebih parah hubungi dokter. sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                

No comments:

Post a Comment