Portal Segala Informasi

Penyebab Batuk Menetap dan Cara Mengobatinya?

Ilustrasi From Google
Batuk adalah reaksi refleks seperti halnya bernafas. Sebenarnya, batuk adalah cara tubuh melindungi paru-paru dari iritan, seperti debu dan asap. Ketika ada penumpukan partikel halus atau lendir pada saluran nafas (bronkus), anda akan batuk untuk membersihkan saluran tersebut sehingga lebih mudah bernafas.

Sedikit batuk adalah normal dan bahkan sehat sebagai cara mempertahankan saluran nafas tetap bersih. Namun batuk kuat yang menetap, dan berulang menyebabkan bronkus anda menyempit sehingga menyebabkan iritasi dinding interior saluran nafas.

Penyebab Batuk Menetap
Batuk menetap sering terjadi gejala infeksi virus pada saluran napas bagian atas, yang mencakup hidung, sinus dan jalan napas. Sedangkan Pilek dan Flu (influenza) adalah contoh umum jenis infeksi ini. kotak suara anda dapat mengalami inflamasi akibat infeksi (laringitis), yang menyebabkan nyeri dan serak.

Batuk juga terjadi akibat iritasi tenggorok yang disebabkan oleh aliran lendir yang turun menuju bagian belakang tenggorok, suatu kondisi yang dikenal sebagai aliran dibelakang hidung (postnasal). 
Batuk juga muncul bersamaan dengan berbagai gangguan kronis. orang yang mengalami alergi dan asma sering mengalami penyakit batuk seperti orang yang merokok. Berbagai iritan dilingkungan, seperti debu, asap rokok, serta kondisi meteorologis, seperti udara dingin dan kering dapat menimbulkan batuk.

Terkadang Batuk disebabkan oleh asam lambung yang kembali ke esofagus (kerongkongan) atau pada kasus yang jarang, ke paru-paru. Kondisi ini disebut refluks gastroesofagus. beberapa orang dapat mengalami batuk "kebiasaan" yang sering terjadi walaupun tidak ada kondisi yang menyadari.

Tips Mengobati batuk Di Rumah
lakukan langkah-langkah beikut ini untuk mengurangi batuk menetap.

Minum Banyak cairan
cairan sangat bagus untuk mempertahankan tenggorokan anda tetap basah. Minumlah air atau jus buah, bukan soda dan kopi.

Gunakan Pelembab Udara
Udara dirumah bisa sangat kering, terutama selama musim dingin. udara kering dapat menyebabkan iritasi tenggorok ketika anda mengalami pilek. menggunakan pelembab udara akan membuat napas menjadi lebih mudah.

Isap Permen keras atau Tablet Isap
permen keras atau tablet isap obat tenggorok dapat mengurangi iritasi tenggorok yang biasa dan mencegah batuk jika tenggorok anda kering atau sakit.

Minum Madu
Minumlah  Secangkir teh hangat atau air lemon hangat yang diberi madu. Campur 2 Sdt madu dengan air hangat. Penelitian terhadap anak usia 2 tahun lebih menemukan bahwa madu pada waktu tidur tampak mengurangi batuk pada malam hari dan memperbaiki tidur. Karena resiko botualisme bayi, suatu bentuk keracunan makanan yang jarang, tetapi serius, jangan pernah memberikan madu kepada anak usia  kurang dari 1 tahun.

Tinggikan Posisi Tidur
Tidurlah dengan posisi kepala tidur ditinggikan sekitar 10-15 cm jika batuk anda disebabkan oleh penumpukan asam lambung. selain itu, hindari makan dan minum 2-3 jam sebelum tidur.

Hindari Sirup obat Batuk
Jangan buang-buang uang anda untuk membeli obat batuk yang dijual bebas karena obat tersebut tidak efektif.


Bantuan Medis hubungi dokter jika batuk anda berlangsung lebih dari dua atau tiga minggu, atau jika batuk disertai demam, peningkatan sesak napas, atau dahak berdarah. Mengatasi batuk kronis memerlukan evaluasi yang cermat.

Sumber KITAB SEHAT MAYO CLINIC

No comments:

Post a Comment