Portal Segala Informasi

11 Cara Ampuh Menghilangkan Bau keringat yang Membandel

Berkeringat Dan Bau Badan


Berkeringat adalah respons normal tubuh terhadap penumpukan panas tubuh. Anda berkeringat saat berolahraga, berada dilingkungan yang hangat, atau saat cemas dan stres, jenis berkeringat seperti ini adalah alami dan sehat.

Berkeringat sangat bervariasi dari orang ke orang. untuk para wanita yang berkeringat lebih banyak dialami pada saat sedang menopause. Minuman panas atau minuman beralkohol dan berkafein dapat memicu keringat pada beberapa individu. Beberapa orang mewarisi kecenderungan untuk berkeringat banyak, terutama pada telapak kaki dan tangan. 

Berkeringat adalah hal yang biasa, akan tetapi berkeringat atau yang biasa disebut perspirasi adalah gangguan yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan membasahi pakaian dan membuat anda tidak nyaman, Bau badan mungkin lebih mengganggu. kalaupun keringat yang anda keluarkan hampir tidak berbau sama sekali, berkeringat tersebut dapat berbau tidak enak apabila mengalami kontak dengan bakteri di kulit.

Bau cenderung terjadi di lokasi seperti ketiak dan kaki, yang terlebih terlindungi (misalnya dalam sepatu dan kaus kaki) dan cenderung lembap serta hangat. Berkeringat dan bau badan dapat dipengaruhi oleh beberapa hal misalnya oleh mood yang menyebabkan stres, diet yang salah, ketergantungan obat, kondisi medis dan kadar hormon karena keturunan.

karena hampir tidak mungkin untuk mendefinisikan jumlah normal keringat pada setiap orang. Keringat dingin merupakan respons tubuh kita terhadap penyakit yang sangat berbahaya seperti  kecemasan, atau nyeri hebat. jika anda mengalami keringat dingin harus  segera mendapatkan penanganan medis, hal ini jika ditanda pening atau nyeri dada dan lambung.

Deodoran dan Antiperspiran
Jika anda khawatir tentang keringat dan bau badan, gunakan antiperspiran dan deodoran. keduanya memberi hasil yang sama, tetapi bekerja dengan cara berbeda.

Antiperspiran
Antiperspiran mengandung senyawa yang baik untuk mengurangi jumlah keringat. Antiperspiran yang berbahan dasar alumunium sangat baik untuk anda yang mengalami jumlah keringat yang berlebih.

Deodoran
Deodoran biasanya berbahan dasar alkohol dan mengubah kulit menjadi asam sehingga membuat kurang menarik bagi bakteri. deodoran tidak mengurangi keringat, tetapi sering mengandung wewangian untuk menyembunyikan bau.

Mana yang akan anda pilih, deodoran atau antiperspiran? Pilhan ini tergantung pada kenyamanan yang akan anda pakai.

Berikut adalah 11 Cara  yang membantu anda dapat mengurangi bau keringat yang membandel

1. Mandi setiap hari. Mandi teratur dapat mengendalikan jumlah bakteri kulit.

2. Keringkan Kaki Secara Menyeluruh. Mikroorganisme tumbuh dalam ruangan yang lembab di antara jari-jari kaki. Gunakan bedak kaki yang di jual bebas untuk membantu menyerap keringat.

3. Pakailah sepatu yang dibuat dengan menggunakan bahan alami. Sepatu dari bahan kulit atau kain dapat mencegah kaki berkeringat dan memungkinkan kaki bernapas.

4. Gilir pemakaian sepatu anda. sepatu yang anda pakai tidak sepenuhnya kering semalaman, sehingga cobalah untuk tidak memakai pasangan sepatu yang sama dua hari berturut-turut jika anda mengalami masalah dengan kaki berkeringat.

5. Pakailah kaus kaki yang tepat. kaus kaki kapas dan wol menyerap uap lembap dan menjaga kaki tetap kering. jika anda aktif, gunakan kaus kaki atletik yang menarik uap lembap. untuk wanita, gunakan stoking dengan telapak terbuat dari kapas.

6. Ganti kaus kaki dengan sering. Jangan lupa mengganti kaus kaki anda satu atau dua kali sehari sehingga kaki dapat kering menyeluruh setiap waktu dan dapat mengurangi bau yang tidak enak pada kaki anda.

7. Beri udara pada kaki. perbanyak Bertelanjang kaki , atau minimal lepaskan sepatu anda beberapa kali, hal ini untuk membantu mengurangi bau tidak enak pada kaki.

8. Pilih pakaian dengan serat alami. Kain seperti kapas, wol dan sutra, memungkinkan kulit untuk bernafas.

9. Gunakan antiperspiran pada malam hari. pada waktu tidur gunakan antiperspiran bebas parfum pada tangan dan kaki yang berkeringat.

10. Coba teknik relaksasi. Teknik seperti yoga, meditasi, atau biofeedback dapat membantu anda mengendalikan stres yang memicu persiprasi.

11. Ubah cara diet anda. jika makanan dan minuman tertentu menyebabkan anda berkeringat lebih dari biasanya atau keringat anda  berbau, hilangkan makanan dan minuman tersebut dari diet anda.


Konsultasikan dengan dokter jika anda mengalami salah salah satu dari hal berikut:

  • Tiba-tiba berkeringat dari biasanya.
  • Berkeringat mengganggu aktivitas anda sehari-hari.
  • Berkeringat pada malam hari tanpa ada alasan yang jelas.
  • Bau badan berubah.
Berkeringat berlebihan yang berkaitan dengan sesak napas memmerlukan penanganan medis segera. hal ini dapat menjadi tanda serangan jantung. sekian semoga bermanfaat.

Sumber kitab sehat mayo clinic
Image From Google

1 comment:

  1. terimaksih atas informasinya sangat membantu sekali dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-ultimate/

    ReplyDelete